5 Cara Memilih Kampus Sebagai Tempat Kuliah Sambil Kerja

5 Cara Memilih Kampus Sebagai Tempat Kuliah Sambil Kerja

Tempat kuliah sambil kerja - Tidak bisa dimungkiri bahwa banyak orang yang ingin kuliah sambil bekerja. Melihat banyaknya waktu luang dalam masa kuliah membuat banyak orang ingin memanfaatkannya dengan bekerja. Tentu masing-masing orang memiliki tujuan berbeda ketika memutuskan ingin kuliah sambil bekerja, bisa karena untuk menambah penghasilan dan dialokasikan untuk biaya studi, mencari pendapatan untuk modal usaha kecil-kecilan, ataupun untuk melatih kemandirian. Semua tujuan tersebut tidak ada yang salah, semua orang bisa melakukan kuliah sambil bekerja asalkan dapat mengatur waktu dengan tepat.
Bagi Anda yang ingin bekerja sambil kuliah, sebaiknya Anda mempersiapkan diri sedini mungkin agar keinginan Anda tersebut dapat berjalan lancar, baik kewajiban kuliah dan tugas kerja. Untuk itu, Anda perlu memilih kampus yang tempat, sebagai tempat kuliah sambil kerja bagi Anda.
Nah, berikut ini beberapa cara memilih tempat kuliah sambil kerja yang Anda butuhkan agar aktivitas belajar dan bekerja Anda dapat berjalan dengan lancar. Semoga membantu.

1.Pilih kampus dengan jurusan yang memungkinkan Anda kuliah sambil kerja
Ada banyak kampus sebagai tempat kuliah sambil kerja. Untuk itu, bagi Anda yang ingin kuliah sambil kerja, maka Anda perlu selektif dalam memilih kampus dengan jurusan yang memungkinkan Anda bisa bekerja. Jurusan yang paling memberikan kemungkinan Anda bisa bekerja adalah jurusan di bidang IPS atau sosial karena pada jurusan ini Anda tidak disibukkan dengan aktivitas praktikum seperti halnya pada jurusan bidang IPA.

2.Pilih kampus dengan jurusan yang melatih softskill Anda

5 Cara Memilih Kampus Sebagai Tempat Kuliah Sambil Kerja

Kampus yang identik sebagai tempat kuliah sambil kerja adalah kampus yang memiliki jurusan yang melatih keterampilan dan keahlian Anda seperti di bidang teknik elektro atau teknik otomotif, bidang tata busana, bidang tata boga, dan sebagainya. Misal Anda kuliah di bidang teknik otomotif maka Anda bisa bekerja di bengkel, jika Anda kuliah di bidang tata boga maka Anda bisa kerja di restoran, dan lainnya. Bahkan, bagi Anda yang mengambil kuliah di bidang pendidikan maka Anda pun Anda bisa bekerja sebagai guru privat atau les.

3.Pilih kampus yang Unit Kegiatan Mahasiswanya (UKM) aktif dan positif
Bagi beberapa orang, kampus merupakan tempat kuliah sambil kerja. Salah satunya, dengan cara bergabung dan aktif dalam unit kegiatan mahasiswa (UKM). Dari kegiatan UKM ini biasanya Anda mendapatkan informasi atau peluang kerja dari UKM tersebut. Misalnya, dengan aktif di UKM Pramuka maka Anda bisa bekerja sebagai pembina pramuka di sekolahan, atau dengan aktif di UKM Pecinta Alam maka Anda bisa bekerja sebagai pemandu wisata outbond di sebuah tempat wisata alam, dan sebagainya.

4.Pilih kampus yang membuka peluang sebagai asisten dosen
Dengan menimba ilmu di kampus maka Anda sudah tepat berada di tempat kuliah sambil kerja. Jadilah mahasiswa yang cerdas dan rajin sehingga Anda bisa dipercayai menjadi asisten dosen. Dengan menjadi asisten dosen maka Anda pun akan mendapat penghasilan, bahkan tidak jarang Anda akan dilibatkan dalam proyek atau riset dosen sehingga selain menambah pengalaman, keahlian, juga dapat menambah penghasilan Anda.

5.Pilih kampus yang mengadakan perkuliahan secara online

5 Cara Memilih Kampus Sebagai Tempat Kuliah Sambil Kerja

Saat ini ada beberapa kampus yang mengadakan kegiatan perkuliahan secara online atau berbasis teknologi. Dengan begitu, Anda tidak perlu masuk ruang kelas dan bertatapan langsung dengan dosen sehingga hal ini memungkinkan Anda dapat bekerja. Kampus seperti sangat tepat sebagai tempat kuliah sambil kerja. Sistem pembelajaran secara jarak jauh ini sangat fleksibel karena tidak terbatas ruang dan waktu sehingga memudahkan Anda yang memiliki keterbatan waktu.

Demikian cara memilih tempat kuliah sambil kerja yang dapat Anda perhatikan. Dengan memilih kampus yang tepat maka aktivitas bekerja Anda tidak menjadi kendala dalam proses belajar. Dan, apabila seiring dengan perjalanan waktu aktivitas kuliah dan kerja Anda menjadi sulit dikerjakan secara bersama maka sebaiknya Anda segera mengambil langkah tepat, yaitu dengan mengikuti Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center yang akan membantu Anda memaksimalkan kinerja Anda di tengah-tengah masa studi hingga Anda berhasil meraih kesuksesan di pendidikan dan pekerjaan.



Baca Artikel Menarik Lainnya :


Tidak ada komentar: