5 Cara Memilih Lembaga Pelatihan Kerja Yang Berkualitas

5 Cara Memilih Lembaga Pelatihan Kerja Yang Berkualitas

Lembaga pelatihan kerja - Sebuah perusahaan pasti membutuhkan karyawan yang memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, baik softskill maupun hardskill untuk mendukung kemajuan dan perkembangan perusahaan. Bahkan, dengan kinerja karyawan ber-SDM baik ini akan mempermudah perusahaan mencapai keberhasilan atau keuntungan yang diharapkan.

Selain bermanfaat bagi perusahaan, mengikuti pelatihan kerja ini juga memberikan manfaat bagi karyawan itu sendiri. Yaitu, akan meningkatkan pengetahuan, keahlian, dan keterampilan karyawan sehingga mereka dapat bekerja lebih produktif, efektif, dan efisien.

Sekarang ini ada banyak lembaga pelatihan kerja yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Namun, memilih lembaga pelatihan ini bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan sikap kritis dan berhati-hati dalam memilih lembaga training karyawan ini. Bagi Anda yang saat ini sedang mencari lembaga pelatihan kerja yang terbaik, sebaiknya memperhatikan beberapa cara memilih lembaga training karyawan yang profesional berikut ini.

1.Pengalaman lembaga pelatihan kerja
Sebelum Anda memutuskan memilih sebuah lembaga pelatihan, sebelumnya sebaiknya Anda mencari tahu apa saja pengalaman lembaga pelatihan kerja tersebut. Untuk mencari tahu pengalaman lembaga tersebut, Anda bisa menyampaikan beberapa pertanyaan berikut ini.
  • Perusahaan mana saja yang pernah menggunakan jasa lembaga pelatihan tersebut?
  • Berapa kali perusahaan tersebut melakukan pelatihan dalam satu tahun?
  • Apa manfaat mengikuti pelatihan tersebut? Pertanyaan ini ditanyakan kepada alumni lembaga pelatihan kerja tersebut.

2.Klien lembaga pelatihan kerja

5 Cara Memilih Lembaga Pelatihan Kerja Yang Berkualitas

Untuk mencari tahu kualitas sebuah lembaga pelatihan kerja, Anda bisa melihat siapa saja klien yang pernah ditangani oleh lembaga pelatihan tersebut. Jika Anda melihat daftar klien lembaga training tersebut berisikan beberapa perusahaan multinasional atau perusahaan besar maka kemungkinan lemabga pelatihan tersebut memang berkualitas dan teruji sehingga banyak perusahaan besar mempercayakan peningkatan SDM karyawan mereka kepada lembaga tersebut.

3.Kualifikasi pelatih (trainer)
Kualifikasi trainer atau pelatih yang mengisi pelatihan tersebut menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan sebelum memilih sebuah lembaga pelatihan kerja. Pastikan trainer pelatihan merupakan seseorang yang merupakan praktisi di bidangnya atau praktisi di bidang Human Resources dan Manajemen dengan track record yang bagus sehingga karyawan Anda tidak saja hanya memperoleh pengetahuan secara teori saja, tetapi juga dapat mempraktikan secara langsung di bawah bimbingan trainer tersebut. Selain itu, Anda juga dapat memilih lembaga pelatihan yang memiliki trainer dengan bekal ilmu ajar yang profesional dan handal sehingga dapat membawa suasana kelas pelatihan menjadi nyaman.

4. Materi pelatihan
Materi adalah hal penting dalam sebuah pelatihan kerya karyawan. Untuk itu, pilihlah lembaga pelatihan kerja yang memiliki materi yang Anda butuhkan secara detail dan lengkap, mulai dari teori hingga praktik langsung. Dengan begitu, karyawan akan semakin paham akan materi yang telah disampaikan saat mereka terjun langsung ke lapangan kerja.

5. Memberikan bimbingan dan monitoring pasca pelatihan
Sebuah lembaga pelatihan kerja yang baik akan senantiasa memberikan bimbingan berkelanjutan dan monitoring setelah pelatihan. Hal ini dilakukan untuk memastikan semua materi pelatihan dapat dipahami dan dilaksanakans ecara tepat sehingga dapat bermanfaat untuk mencapai peningkatan kinjera karyawan dan mencapai kesuksesan perusahaan.

Demikian beberapa cara memilih lembaga pelatihan kerja bagi karyawan yang perlu Anda ketahui. Jika Anda sudah memperhatikan semua cara di atas, namun Anda belum juga mendapatkan lembaga pelatihan karyawan yang profesional, jangan cemas karena ada salah satu pusat pelatihan usaha yang dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas kerja karyawan, yaitu Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center. Dengan mengikutkan karyawan Anda ke dalam pelatihan ini maka secara signifikan pengetahuan, keahlian, dan keterampilan karyawan semakin meningkat sehingga mampu menunjang kesuksesan perusahaan Anda.

Tidak ada komentar: